Event

Pembelajaran Daring/Online Hingga Upaya Pencegahan Penyebaran Virus COVID 19 di SMA Islam Al Azhar 7 Solo Baru

Akhir-akhir ini sedang terjadi fenomena yang cukup memprihatinkan dan menyedihkan yaitu adanya virus baru yang menyerang saluran pernapasan. Coronavirus merupakan keluarga besar virus yang dapat menyerang manusia dan hewan. Pada manusia, biasanya menyebabkan penyakit infeksi saluran pernafasan, mulai dari flu biasa hingga penyakit serius, seperti MERS dan SARS.  Covid-19 sendiri merupakan coronavirus jenis baru yang ditemukan pada manusia di daerah Wuhan, Provinsi Hubei, China pada tahun 2019. Maka dari itu, Coronavirus jenis baru ini diberi nama Coronavirus Disease-2019 yang disingkat menjadi Covid-19.

Virus ini cepat menyebar hingga ke beberapa negara diberbagai belahan dunia. Melihat keadaan tersebut SMA Islam Al Azhar 7 Solo Baru mengedukasikan kepada seluruh murid untuk rajin mencuci tangan atau menyemprotkan hand sanitizer, berperilaku hidup sehat, tidak melakukan kontak fisik. Namun keadaan berkata lain,  Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo mengumumkan status KLB pada Jumat 13 Maret 2020 lalu. Penetapan status KLB dikarenakan ada tiga pasien dinyatakan positif corona di RSUD Moewardi Solo yang mana salah satu pasien meninggal dunia. Melihat kondisi tersebut, pada tanggal 14 Maret 2020 SMA Islam Al Azhar 7 Solo Baru segera mengambil sikap dengan melakukan pembelajaran Daring (online) dari rumah hingga 20 Maret.

Pembelajaran Daring (online) dilakukan selama satu pekan. Para murid mengikuti kegiatan pembelajaran daring dari rumah masing-masing dengan ceria dan penuh tanggungjawab. Dengan semakin meluasnya penyebaran virus tersebut, pada 15 Maret 2020 Gubernur Jawa Tengah mengumumkan seluruh Jawa Tengah melakukan pembelajaran daring (online) dari rumah.  Dikarenakan saat terjadi wabah ini sedang dilaksanakan PTS, kegiatan PTS (Penilaian Tengah Semester) kemudian dilanjutkan secara Online.

Sementara para murid melakukan pembelajan daring (online) dari rumah, Yayasan Makarima bekerjasama dengan Basarnas Jateng Pos SAR Surakarta untuk melakukan penyemprotan disinfektan guna mencegah penularan virus Covid-19. Kegiatan dimulai pada Sabtu 21 Maret hingga Minggu 22 Maret dengan menerjunkan 10 personil yang dibantu dengan pihak sarpras yayasan Makarima. Sebelum melakukan penyemprotan, dilakukan rapat koordinasi guna membagi tugas dan sosialisasi denah ruang kelas kepada petugas.

Setiap sudut ruangan dari Unit KB-TK-SD-SMP SMA semuanya disemprot menggunakan disinfektan. Penyemprotan dimulai dari lingkungan masjid Raya Al Azhar Solo Baru kemudian berlanjut ke seluruh ruangan kantor Yayasan Makarima. Bagian demi bagian dalam ruangan disemprot secara menyeluruh agar tidak ada bagian yang terlewatkan untuk disterilkan.

Tak berbeda disaat menyemprotkan di Unit SMA Islam Al Azhar 7 Solo Baru, seluruh ruang kelas hingga kamar mandi pun disterilisasikan. Ruang perpustakaan, ruang laboratorium, ruang komputer, lapangan indoor, Kantor TU, anak tangga, meja kursi, dan seluruh bagian terkecil dalam tiap ruang tak luput dari semprotan disinfektan. Setelah selesai, setiap ruangan dikunci rapat agar tidak ada bakteri/ virus yang masuk keruangan tersebut.

Yang dapat kamu lakukan dalam melindungi diri sendiri adalah dengan cara:

– Rajin-rajin cuci tangan dengan sabun! Jangan lupa! Sebelum makan, setelah dari toilet, setelah memegang binatang, atau setelah berpergian.

– Ketika batuk atau bersin jangan lupa untuk menutup mulut dan hidung kamu, ya. Pakai tissue, saputangan, atau lipatan siku.

– Hindari kontak dekat dengan orang yang menunjukkan gejala Covid-19

– Hindari kerumunan

– Jangan lupa untuk jaga jarak lebih dari 1 meter  antar kamu dan orang-orang di sekitarmu (social distancing)

 

Yang bisa kamu lakukan untuk melindungi orang-orang terdekatmu dari Covid-19, yaitu:

– Saat kamu batuk atau bersin, jangan lupa untuk menjauh dan menutup mulut serta  hidung kamu dengan tissue, saputangan, atau lipatan siku.

– Segera membuang tisu atau masker yang telah kamu gunakan ke tempat sampah.

– Jangan lupa untuk merobek masker yang telah digunakan ya, untuk mencegah penggunaan ulang masker.

– Jangan lupa untuk mencuci tanganmu dengan sabun setelah batuk atau bersin.

– Jangan meludah disembarang tempat

– Segera menghubungi Rumah Sakit rujukan bila orang terdekatmu mengalami gejala Covid-19 dengan menghubungi 119 ext 9

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button