Kreanova 1

Sejarah Singkat Tarian Kebo Kinul

Tarian kebo kinul merupakan salah satu jenis tarian dari Kabupaten Sukoharjo. Nama Kebo Kinul memiliki arti “kerbau yang gemuk”. Tarian jenis ini jarang diketahui oleh masyarakat luas bahkan oleh masyarakat asli Kabupaten Sukoharjo karena tarian kebo kinul termasuk tarian yang jarang ditampilkan. Pada awalnya tarian kebo kinul ini termasuk ritual bersih desa sebelum akhirnya menjadi jenis hiburan berupa tarian tradisonal masyarakat Sukoharjo.

Tarian kebo Kinul ini termasuk tarian yang dekat dengan masyarakat karena menggambarkan kehidupan agraris masyarakat Sukoharjo dengan penggunaan hewan kerbau dalam menjalankan aktivitas pertaniannya.

Menurut Kasi Seni dan Budaya Bidang Kebudayaan Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata dan Kebudayaan (POPK) Sukoharjo, terdapat bebebrapa kreasi dalam tarian kebo kinul ini, seperti tambahan geguritan atau tembang maupun dengan tambahan doa. Selayaknya tarian, dalam tarian kebo kinul juga terdapat alur cerita. Dalam tarian kebo kinul, seiring berkembangnya waktu mulai dikenal sebagai salah satu hiburan masyarakat bahkan pada tahun 2003 tampil dalam acara besar Borrobudur Internasional Festival.  Selain itu tarian ini juga pernah ditampilkan di berbagai negara seperti Jerman,Pranciss,Belanda,dan Swiss.

SMA Islam Al Azhar 7 Solo Baru

Komplek Masjid Raya Al Azhar Solo Baru Jl. Raya Solo Baru - Baki, Kec. Kudu Kab. Sukoharjo, Prov. Jawa Tengah 57556 Email: mail@smaialazhar7.sch.id Telf : 0271-7889554
Back to top button

Adblock Detected

Afwan minkum, mohon Anda mematikan ADBLOCK browser devices Anda